Senin, 07 Juli 2014

Cara Membuat Paspor Online Di Imigrasi Palembang

Sudah lama saya tidak buat artikel, hampir setahun kurang ya. Haha. Kali ini saya akan membagi informasi tentang cara buat passpor online, cara ngurus administrasi dan pengambilan passpor. Kita langsung aja ya!!!

1. Pertama-tama yang anda lakukan untuk membuat passpor online adalah buka website imigrasi di www.imigrasi.go.id



Terus nanti pilih layanan passpor online ya...


2. Kalau udah diklik nanti muncul halaman dibawah ini. Klik Pra Pemohonan Personal untuk membuat untuk membuat passpor baru.


3. Kita masuk di pengisian data pertama, semuanya harus diisi. Saya kasih contoh pada gambar dibawah ini ya?? ikutin aja.. :D. Kemaren saya buat passpor biasa perorangan 48 Halaman. Jadi kalo ada yg buat selain itu kyk untuk TKI. Tinggal di pilih aja di Scrol Buttonnya..


4. Setelah semua data diisi dengan benar klik tombol lanjut ya, nanti muncul kalimat perhatian!!! pada gambar dibawah ini, kata-katanya menjelaskan apakah yang anda buat adalah benar passpor tersebut. Kalau sudah benar silahkan klik lanjut lagi. Kalau belum benar, klik saja kembali.. -_-


5. Selanjutnya isi data alamat rumah, alamat kantor (Kalo udah kerja), Nomor handphone dengan benar. Klik tombol lanjut ya??


6. Pada halaman ini anda diminta menyediakan file berbentuk Jpeg yang berukuran 100kb sampai 1.8 Mb. File tersebut harus discan dalam bentuk foto copyan ya.
File-filenya :
1. Scan foto copy KTP
2. Scan foto copy KK
3. Scan foto copy akta.
4. Surat Izin dari Instansi/Perusahaan (Bagi Pegawai Negeri, Anggota TNI,Anggota Polri, dan Pegawai Perusahaan 
Kalo kita permohonan sendiri, cukup 1 - 3 Aja sudah lengkap kok.


7. Next lagi, pada halaman ini anda tentukan sendiri tempat keadatangan di kanim terdekat.
Jangan lupa isi chapcha ya??


8. Nah yang ini anda tentukan tanggal kedatangan dikanim tersebut. isi chaptcha juga ya??? Klik ok


9. Dan terakhir halaman informasi pembuatn passport online sudah selesai, ..


10. Cek email anda karena notifikasi dan form persetujuan akan dikirim otomatis di email anda!


9. Silahkan dowload tanda terima pra pemohonan di email anda, silahkan print semuanya, ada lembar untuk pembayaran di bank BNI dan lembar untuk petugas ketika kita datang ke kanwil.

- Setelah hari untuk datang ke kanwil anda tentukan, datanglah sehari sebelum ke kanwil untuk melakukan pembayaran di bank BNI terdekat. Kalo bayarnya pas hari ke kanwil, gpp sih. tapi tkutnya repot. ketika sudah bayar. nanti anda akan mendapatkan bukti pembayaran administrasi. nanti anda dapat 2 lembar. 1 untuk anda , 1 untuk di kanwil.

- Hari besoknya lagi. kemarin saya dapet tanggal 6 Mei 2014. saya pun datang ke kanwil imigrasi kelas I di jakabaring. jalannya talang ratu. sangat jauh kalo dari p. balai -_- 50 kilo jokk...


10. ini saya foto dari parkiran motor. nanti anda masuk ke dalam. lalu ambil nomor antrian di samping loket 1 tekan aja tombol warna ijo ya.. tempatnya di bawah jam putih itu.




11. Kalo udah ambil nomor antri, anda ke loket 7 kalo nggak 6 untuk ambil map dan formulir. isi sesuai pemohanan anda mau buat paspor apa. jangan lupa bawah materai 6 ribu. kalo lupa. beli di situ mahal 10 ribu. -,- Kalo udah diisi tunggu panggilan dari loket ya. kalo online di loket terakhir. khusus pemohonan online. tapi sama aja sih. tergantung loket mana yang manggil nomor antrian anda.

12. Selanjutnya anda nanti di suruh ke ruang foto dan wawancara. nanti berkas anda disuruh anter ke bpk genduk yang di samping ruang foto. sebelumnnya nanti dikasih nomor antrian kyk biasa. ini yang lama nunggunya. kalo anda bayar langsung datang dan daftar g online, tuh ada disudut teller bank BNI. bisa bayar admin disitu juga hari pertama anda dateng.



13. ketika dipanggil nomor antrian, anda masuk ke ruang foto dan wawancara. nunggu lagi dipanggil petugas untuk foto dan di tanya2. ingat!!! pakai pakaian berkerah yoo,, kalo lupa paket jaket juga bisa. untuk yang ditanya g banyk, cuma nama kamu bener ini, buat pass untuk apa, dll. mudah kok,,

14. ketika semuanya udah selesai. nnti petugas ngasih kertas selembar untuk pengambilan pass. terhitung tiga hari kerja.. 



15. diatas contoh kertasnya,, saya dateng kan tanggal 6, jadi dateng lagi tanggal 9 mei 2014.. dateng sesuai dengan tanggal yang ditentukan, jamnnya juga. kalo sibuk hari laen juga bisa. batasnya cuma satu bulan. kalo nggak diambil nanti pass kamu disobek2. wkwk. Silahkan ambil di loket 8 ya,, nnti langsung kasih selembaran tadi ke petugas di loket 8, dia nnti nyari pass kamu dan kamu dipanggil untuk dikasihkan.



 
Kalo ada yang mau ditanyakan silahkan bbm aja. atau coment.. terima kasih...


 

21 komentar:

  1. Di palembang udah bisa bikin e-paspor belum ya?

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. bisa? rasanya belum bisa klo u e_Paspor..

      Hapus
  3. total hari pembuatan berapa hari ya?

    BalasHapus
  4. Brp lama nunggu pasporny jdi

    BalasHapus
  5. Di KTP saya masih penduduk tapanuli- sumatera utara.
    Apakah bisa paspor nya di urus di palembang?
    Mohon info nya dong

    BalasHapus
  6. Mau nanya dong, pembayarannya nanti pakai surat permohonan yg dikirim ke email ya? gak ada no rekeningnya?

    BalasHapus
  7. kalo mau cepet enaknya online atau kirim berkas lgsg ya?

    BalasHapus
  8. perlu bawa berkas asli gak yaa?? ato cukup scan yg diupload tadi aja??

    BalasHapus
  9. Di palembang buka gak klo hari sabtu

    BalasHapus
  10. Apakah paspor itu garus melapor setiap tahunnya?

    BalasHapus
  11. Apakah paspor itu garus melapor setiap tahunnya?

    BalasHapus
  12. Untuk sekarang pembuatan passport per Oktober 2016 Rp. 355.000,- Paspport sudah bentuk baru yang lebih menarik. untuk online hanya berbeda di pembyaran tapi kita lebih dulu sudah masukan berkas. Untuk penungguan waktu jadi passport dari tanggal foto dan wawancara tetap tiga hari kerja. Tnks

    BalasHapus
  13. mau tanya untuk pembayaran online via atm apakah harus bank bni atw bs melalui bank lain, klo setor ke bank apakah ada biaya tambahan seperti adm dll??? untuk konfirmasi kedatangan bisakah dilakukan pada hari yang sama dengan kita penginputan data dan setor biaya? atau harus ada spare hari??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus BNI Mba, Kalo bang lain takutnya pending, Kalau dak salah ada. Bisa Hari yg sama kalau kekejar.

      Hapus
  14. Bisa gak bikin paspor pakai ktp sementara dari camat soalnya ktp saya blm keluar

    BalasHapus
  15. Bisa gak bikin paspor pakai ktp sementara dari camat soalnya ktp saya blm keluar

    BalasHapus
  16. untuk sekarang buat paspor online gk bisa lagi ya? soalnya gak ada untuk pembuatan paspor online

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Komentar Anda???