Rabu, 31 Desember 2014

Malaysia - Singapore

Marlion
Bulan lalu dari tanggal 21 - 24 Nopember 2014 saya melakukan jalan-jalan keluar negeri. Kemarin sih sekalian nemui ibu saya di Kluang. Saya pergi berdua sama temen saya, kenal kemarin di BGB. Pas mau pergi duit lagi nggak cukup jadi pergi nekat aja, cukup hanya pergi aja dan duit untuk pulang jadi minta sama ibu saya. Kami pergi naik pesawat Airasia, kemarin untungnya dapet tiket promo Rp 350.000,-. Perginya hari jumat pagi jam 09.45 dari SMD II dan sampai di Airport Kuala Lumpur jam 11.40. Waktunya sih sejam tapi kenapa jadi dua jam, karena waktu di Malaysia lebih cepat sejam. Di bandara kami makan dulu di texas. ngelihat menunya disana nggak ada nasi jadi makan ayam doang. nggak tau juga kalo ayamnya disebelih atau langsung di potong. Selesai makan kami menuju ke terminal TBS, mau cari bus menuju kluang. Keluar airport lewat imigrasi, di tanya berapa hari disini, lalu kami mencari moneychange untuk tukar mata uang malaysia (Bank Hong Leong). Airportnya baru jadi kelihatan bagus di sini juga airportnya gabung dengan mall.

Sudahnya dapet taxi kami menuju terminal TBS, kemarin 40 Ringgit ke TBS. Disana terminalnya keren abis. Disana saya mencari jurusan kluang harganya 27.5 Ringgit per orang dapetnya bus S&S Singapore. Kami nunggu bus dateng di guide 9 kalo nggak salah. berangkat jam 15.30 WIM.

Terminal TBS
Perjalan kami cukup jauh menuju ke Kluang kurang lebih 3 Jam, jaraknya 300 Km. sama aja dari palembang ke lampung waktunya paling cepet 8 Jam, tpi sangking bus nya bagus jalannya juga rapi. hanya bentar aja sampai ke Kluang. Jam 7 an kami sampai dikluang. Jumpa mama saya dulu di terminal Kluang dan malamnya rehat di tempat pakci di Sri Lalang. Pas lagi disana saya lagi demam, tenggorokan saya lagi panas dalem, mama ngajak saya ke cafe disana. dekat gunung namanya D'Cafe Gunung Lambak. Aku minta jeruk panas sama nasi goreng kampung.

D'Cafe Gunung Lambak
Tanggal 22 Nopember saya dan teman saya mau jalan ke kuala lumpur, jatuhnya bolak balik. haha. jam 9 kami berangkt dari kluang sebelum tengah hari kami sudah sampai lagi di Terminal TBS. Cari taxi dan langsung menuju menara twin tower, kemarin kalo nggak salah di atas 20 Ringgit kesana. Jam 1 kami di menara twin tower, foto dulu sampe puas. walaupun panasnya pake banget. Banyak banget turis disana.

Kuala Lumpur

Selesai foto kami masuk ke bawah twin tower disana ada mall. masukannya turun keluarnya naik ke atas lagi. Di belakang twin towers ada bukit bintang. disana kami foto2 lagi sebenentar, soalnya mau lanjut jalan lagi ke pasar petaling.

Kami lanjut perjalanan lagi mau ke pasar petaling, cuma kami mampir di choco boutie. dan pasar apa ya lupa saya namanya. kesana kami bayar taxi 15 Ringgit. yah mampir bentar aja, ngicip coklat satu per satu. tapi ujungnya nggak jadi beli, nggak keenakan sendiri kan. udah di pasar yg saya lupa namanya. ternyata hujan dan salah pasar. akhirnya kami cari taxi lagi ke pasar petaling nggak sampe 10 ringgit. pas di petaling hari sudah mau sore.

Di petaling street ini memang tempat oleh-oleh,, kemarin saya cuma beli gantungan kunci yg 6 buah 8 Ringgit. yah lumayan untuk temen2 di palembang. Tempat oleh2nya rapih. dari baju sampe gelas disana lengkap oleh2 khas malaysia.

Pasar Petaling
Disana udah sore, hampir jam enam karena sibuk ngerwangi temen belanjo,, sabar. kami pulang ke kluang tapi sebelum ke terminal dulu, dan nunggu bis. sampai di kluang jam 11 malam. perut lapar nggak makan seharian. sibuk hanya jalan2 dan badan pun makin demam. hadeh. keesokan harinya temen saya maksain mau ke singapore, duh duit udah habis nih. jadi saya temenin dia ke Singapore. Kami ke terminal Kluang, disana kami cari bus ke singapore. Kemarin 15 Ringgit kalo dari kluang. Perjalanan lumayan lama hanya 2 jam kurang. berangkat jam setengah 11. jam 12 siang kami di perbatasan Malaysia dan singapore.

Pemeriksaan cuma bentar di tanya ngapain ke singapore. bus sudah menunggu di seberang perbatasan. jadi kami masuk di pemeriksaan busnya nunggu di seberang perbatasan. Nggak sampe 15 menit nanti kita lewati jembatan tol jadi kayak laut. di peta kan singapore di keliling air. Nah disana nanti ada bagian pemeriksaan lagi untuk imigrasi. Disana kita ngisi formulir kalo belum ada. terus nanti di tanya ngapain ke Singapore dan berapa lama. Kemarin saya sempat ada masalah nama saya beda dengan ktp, padahal cuma satu huruf. jadi saya di ajak oleh pegawai wanita disana ke ruang pemeriksaan. jari saya di scan di tanya lagi berapa lama. ya sama jawab sore ni kembali lagi ke Malaysia. Saya langsung pucat pasih. aduhh bisa lewat nggak ini ya. hahaha pas sudah pemeriksaan supir bus bilang "Kalo pakci masuk sekali lagi kamu tak keluar. saya tinggal!!" saya sambil tersenyum maaf pak ci. Merasa nggak enak udah buat nunggu lama. Di situ saya dapat pengalaman yang berharga.

Samping Patung Marlion
Jam 1 Kurang kami sampai di singapore, sempat jalan2 sebentar. tapi akhirnya naik taxi ke marlion. Kemarin kami nanya ke orang patung singa dimana, di jawab di Universal. yah kami jadi salah, jadi kata supir taxi bukan di situ. terpaksa muter lagi. niat baik taxi 9 dollar jadi di bayar 5 dollar sajo. Alhmdllh. Sudah tiba kami foto2 deh,,

Merlion 1
Merlion

Perut kelaparan,, waktu menunjukan jam 5 sore, kami pergi cari taxi untuk ke pasar bugis. Sekitar 10 dollar uang taxi yg harus bayar. Kondisi Hujan deras kami datang kesana, pas dateng kami di depan Hotel. sampe-sampe masuk mall. Badan saya suda mulai drop. Karna temen saya maksa terpaksa, akhriny tempat yg kami Cari dapet juga.

Disini semua oleh-oleh pada lengkap, semua di bandrol 3 untuk 10 Dollar "3 For 10". Nggak hanya Bugis Street aja disini, ad Frence, dll. Tempat belanjanya enak rapi. Disini para pedagang kebanyakan cina, pake bahasa melayu bisa. Udah jam setengah 7. Perut laper banget. Jadi untuk ganjel beli jus 1 dollar di pinggir jalan. Ada kejadian memalukan, mungkin ini namanya budaya indonesia, jadi pas di seberang bugis street saya lihat orang berbaris di depan mall. saya kira mau nyebrang eh ternyata pas kami masuk taxi, si supir taxi marah-marah. pake bahasa inggris, dan tersadar dia marah karna kami tidak antri untuk naik taxinya. aduhhh malu niann,, hahaha ok2. dia bilang minta maaf sambil buka jendela kiri mobil ke pelanggan yg antri. Langsung aja kami caw ke tempat kami turun dari bus, sempat marah2 juga si supir taxi karena saya minta berhenti di pinggir jalan, eh dia bilang you don't see video. hah salah lagi saya. haduhh.. Kami turun di depan mall tmpt kami turun dari bus, dan dia minta uang lebih mungkin karna marah itu kali ya.

Kami langsung ke loket bus star maxx untuk beli tiket ke Kluang, dan ternyata uang kami kurang. astaga dalam hati saya nih temen sibuk belanjo bae sih,, Harga tiket 36 Dolar berdua, 370an coy kalo di rupiahkan, berapa kali lipat tuh dari ongkos kami kluang ke singapore. Akhirnya kami ke money change terdekat, saya ngeluarin duit ringgit saya. terus temen juga untuk nuker ke dollar, uang kami kemarin kurang dari 20 dollar, jadi masih butuh banyak tuh.. :( . Pas nuker semua masih aja kurang, y Allah. saya tanya ke money change tukar 2 dollar how much ringgit, kata dia 5 ringgit 20 sen, ampun dah uang terakhir ini. Ya mau gimana lagi ntar nggak pulang. Perut terus keroncongan inget pagi cuma makan mihun soto. Kami nuggu bus berangkat jam 6.45 waktu singapore.

Bus ini walaupun nggak ada penumpang tetap jalan, jadi kemarin bus ini isinya cuma kami berdua ke kluang. Heran bukan. ya begitulah transportasi di sana, jauh beda dengan di indonesia, kamu tahu sendiri deh. Kami pulang sampai di kulang sekitar jam 9 kurang. lebih cepat. kemarin pas ngelihat mobil dari malaysia ke singapore panjang banget antri untuk masuk ke singapore, mungkin hari minggu semua orang kembali ke singapore. Liburan selesai. Malam kami istirahat. Besoknya temen saya pulang duluan.

Selasanya saya pulang juga ke indonesia, sekitar jam 10 saya pergi ke johor  baru ke Terminal Larnkin, bayar 10 ringgit dari terminal kluang. Dari larnkin saya ke Pelabuhan STulung laut bayar 15 Ringgit untuk taxinya. Pas jam 12 saya pesan tiket Fery dari Tulung Laut ke Batam Center. 84 Ringgit. Jam 12.30 saya berangkat. Sempat sedih ketika saya mau mau ruang tunggu. Begitu berat ketika mulut ingin bicara "Jadilah disini ma, tinggal aja di palembang". Tapi ttp saja mulut tak bisa bicara. Saya masuk ke fery. dan menujur Batam Centre, hanya sebentar 1 jam 30 an. Jam 2 di Pelabuhan Batam waktu indonesai bagian barat. Saya cari taxi untuk ke bandara, bayar 90 ribu rupiah. Kemarin saya belum beli tiket pesawat, jadi saya beli dulu di travell agen, saya saranin sih jangan beli di situ karena mahal, enakan beli di bandara sajo. Take off jam setengah 5 jadi nunggu 2 jam an. Jam setengah 6 sampai palembang, oh ya kemarin saya naik citilink. Akhirnya kembali juga ke Pangkalan Balai.

Terima kasih yg udah baca. Next trip saya tulis lagi.... Byeee