Senin, 26 Januari 2015

Gunung Raja Basa Lampung

Puncak Gunung Raja Basa
    Tidak ada rencana sama sekali pengen daki gunung cuma udah lama pengen banget daki gunung. Tahun lalu tepatnya tanggal 31 Desember 2014, haha padahal belum sebulan ya. Saya dengan teman saya pergi menuju Bandar Lampung. Rencana super mendadak, dari hari sebelumnya hari selasa malam temen saya cuma nawarin ngajak daki gunung, saya respon boleh juga tapi tidak sepenuhnya bisa. Besok paginya nggak tau ada angin apa niat besar banget untuk pergi, tumben cari barang di rumah langsung ketemu semua bearti tandanya boleh pergi ini. Rabu malamnya sebelum tahun baru saya pergi ke palembang jam 22.00 WIB saya ke tempat temen untuk mempersiapkan barang-barang apa saja untuk dibawah. Oh ya saya pergi bertiga nama temen saya Galih dan Sigit. Sigit ini baru saya kenal malam pas mau berangkat, dia bilang kalo muka sering kayak pernah ketemu. begitu juga saya ngelihat dia. kayak rentetan takdir berjalan. Aneh. Tapi sering terjadi. kayak de javu cuma ini versi lainnya. hahaha.
       Rencana mau pergi pakai mobil temen, cuma nggak jadi, so kami pesan tiket IMI. Si Galih yang pesenin. katanya berangkat jam 12 tapi ya pasti lelet juga. Bus dateng jam 01.00 WIB. Kayak tahun kemaren kalo ke lampung pasti malam tahun baru dijalan. Saya sudah tahu bus ini bakal lelet. Akhirnya kami tiba di Terminal Raja pukul 13.30, gilakk bener 12 jam dijalan.
        Terminal Raja Basa ada temen udah nunggu dia seorang wanita soleha, sebut saja namanya mak wo. nggak kok bercanda, tapi itu namanya panggilannya. Nama aslinya ipa puji astuti. hehe. Kami menuju ke kalianda tapi kami naik bus dulu bayar 30 ribu ke kalianda. Berangkat jam 14.00 sampai di Kalianda sekitar jam 16.00. Nunggu temennya ipa lagi untuk ke sekret di Sumur Kumbang. Tepatnya di depan kades Sumur Kumbang.

Kantor Kepala Desa Sumur Kumbang
Sekret Gunung Raja Basa | Rumah Bang Gondrong

       Kemarin bayar ojek 12 ribu dari depan jalan raya untuk masuk ke desa ini. Sampai di rumah bang gondrong yg memang sekret kalo mau daki gunung raja basa. Istirahat beberapa jam, malemnya sempat yasinan dulu untuk Ibunya bang gondrong. Setelahnya kami ngobrol dulu untuk daki gunung, minta beberapa saran sama bang gondrong. Tidak terasa hampir jam 22.00 malam. Kami memutuskan untuk daki gunung malam itu juga karna sabtunya kami ada acara tempat Ipa. Semua siap dan kami pun berangkat menuju Pos 1 cuma 2 jam kami sampai Pos 1. Jaraknya 3 Km. Ternyata daki gunung tak semudah dibayangkan, saya bener-bener capek. Baru kali ini ngerasa badan dipaksa dan capek bener-bener capek. Temen-temennya yang lain pada buka sibuk untuk pasang tenda dan api unggun. Ya saya sedikit bantuin walaupun banyak nggak bisa nolongnya. Hahaha. Kami masak beberapa makanan dulu. Untung ada pia. wkwk. yang ngopi yang ngopi. Jam 2 Pagi kami mulai terlelap. 

Pos 1 Saya & Ipa
Sigit & Galih








Kamal & Shifa


Reza










      Jam 8 kami semua mulai bangun. Pos 1 ini disamping mata air gunung raja basa. Mau lihat? dibawah fotonya. hahaii. Sumpah keren banget kok. Airnya bener-bener jernih. Bisa langsung diminum coy.

Mata Air Gunung Raja Basa
Mata Air Gunung Raja Basa
Mata Air Gunung Raja Basa
Mata Air Gunung Raja Basa






      Sudah sarapan kami foto-foto sebentar di mata air. Sekitar jam 10 kurang kami siap-siap untuk naik ke puncak. Sempat saya dapet musibah saya jatuh dari batu di deket tenda, cuma tangan kiri keseleo sama pinggang lecet. Aneh bener padahal pijakan kaki kuat, kalo ada yang iseng sih mungkin karena saya ada feeling lagi pula di gunung ini mistiknya paling kuat, mahluk-mahluk gaib dari jawa pada kesini oleh karna tempat sangkarnya di lampung inilah kata mamang ojek. 
       Kami orang 6 mau daki ke puncak, bang reza ini yang paling muda umurnya baru sekitar 17 an. Dia guide kami pas ke pos 1. Saya ceritakan tadi kami ada orang 4 dari palembang, nah yang 2 kami baru kenal orang dari Bekasi, mereka freeland liburan ke lampung katanya. Namanya Muhammad Kamal sama Siti Kholifah. 

We are camp
Prepare ke puncak Raja Basa
       Semua siap kami langsung menuju pos 2, oh ya barang-barang yang nggak penting kami tinggal di camp. Ada bang reza yang stand by nungguin kami di pos 1. Kami berangkat jam 10.30 an. Bertepatan hari jumat, hadeh nggak sholat jumat ini. Anehnya pas di puncak baru inget ini hari jumat. Astagaaaa...
Menuju pos 2 medan kami masih tidak terlalu menajak dan di sekitar perjalanan kami merupakan perkebunan coklat dengan kopi milik warga. untuk di pos 2 kami lewat kan saja. 

Menuju Pos 2
Kaki saya mulai nyeri, pijakan kaki mulai lelah. Ini akibatnya tidak olahraga kaki, selama ini fitnes cuma main tangan. Hmmm. Lewat pos 2 menuju pos 3 perjalanan semakin sulit. Lihat aja foto di bawah ini. 

Menuju Pos 3
Perjalanan ke pos 3
Munuju Pos 3
Udara semakin dingin. Saya yang semakin lelah dengan kondisi tetapi hati bener-bener kuat untuk ke puncak. Mencoba melawan tubuh ini, Di pos 3 kami rest sebentar, banyak bekas2 sampah acara tahun baru kemarin. 

Pos 3 Raja Basa
Pos 3 Raja Basa
Pos 3 Raja Basa



      Udara semakin lembab, pos 4 kami lewatkan dan langsung ke pos 5 ialah puncak. Sepanjang perjalan ke puncak dari pos 3 tangan bener digunakan karena mendaki semakin menanjak. Disekitar hujan dari pepohonan membasahi kami. Kabut semakin tebal juga, ini bukan hujan hanya air yang di bawah kabut, bisa juga awan. Kondisi hutan memang masih liar tanah selalu basah dan lumut dimana2, dan juga air tidak berhenti turun dari daun pepohonan, seperti hujan tetapi bukan. Dari pos 1 kami selalu terdengar suara hewan seperti siamang, sigit dengan galih melihat kucing hutan. Saya juga sempat melihat siamang warna merah. Sulit menggambarkannya tapi kalo Anda daki Gunung pasti tau keadaannya.

Tiba kami di pos 5, yah sudah sampai puncak. Akhirnya sampai juga kata saya. 

Pos 5
Sudah rehat disini kami langsung naik ke atas dikit, cuma beberapa meter sudah di puncak gunung raja basa. Di atas kami cuma sejam. udahnya turun lagi.

Puncak Raja Basa
Puncak Raja Basa
Puncak Raja Basa
        Berhubung waktu dipuncak kabut tebel, yah kami tidak dapat pemandangan bibir pantai. Rasa rasa juga puas mungkin karena ini gunung pertama yang saya daki. Kami turun ke pos 1 Sekitar pukul 15.50 an. Jam 17.30 kami tiba. Kaki saya pegel semua. sumpah bener2 kram. Gini rasanya setengah nyawa mau hilang. Tetap bersyukur pulang dengan selamat. Lepas magrib kami turun ke sekret jam 21.30an udah di rumah bang gondrong. Alhamdulillah pendakian gunung pertama sudah selesai. 

The Next Mountain......????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda???